Thursday, May 31, 2012

Apa itu Web Hosting?


Webhosting adalah tempat penyimpanan data website di internet. Setiap website pasti memerlukan webhosting. Saat kita mengakses sebuah website, sebenarnya kita mengakses dara-data yang ada di web hosting.

Secara fisik, webhosting berupa komputer dan perangkatnya yang terhubung dengan internet. Kompouter yang berfungsi sebagai web hosting harus mempunyai spesifikasi yang tinggi, karena memerlukan kinerja yang juga tinggi.


Hal-hal dasar yang perlu diketahui mengenai web hosting antara lain: bandwidth, kapasitas dan up time.

Bandwith adalah jumlah data maksimal setiap bulan yang diperbolehkan diakses. Bandwidth bisa dianalogikan sebagai lalu lintas data maksimal yang diperbolehkan setiap bulan.

Kapasitas adalah jumlah data maksimal yang bisa disimpan di web hosting. Kapasitas web hosting bisa dianalogikan seperti hard disk komputer. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin besar juga data yang bisa disimpan.

Sedangkan uptime adalah lamanya server web hosting mampu memberikan layanan sebelum dilakukan maintenance atau reboot. Tentunya server yang bagus adalah yang mempunyai uptime yang lama. 

3 comments:

  1. untuk pengguna yg memilih hosting gratis, berapa lama masa aktif web tersebut ???

    ReplyDelete
  2. k-lo di id hostinger selamanya... asalkan ada pengunjungnya,, jika dalam 1 bulan tidak ada pengunjung website maka secara otomatis akan dinonaktifkan

    ReplyDelete
  3. Bluehost is definitely the best web-hosting provider for any hosting services you require.

    ReplyDelete